Jumat, 18 Desember 2009

LAPORAN OBSERVASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

LAPORAN OBSERVASI
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DI SMP XAVERIUS 1 PALEMBANG
Oleh:
FX. Hermanto-Ahmad Bastari-Parden Sipayung –Magdalena
Program Studi Teknologi Pendidikan PascaSarjana UNSRI 2009

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latarbelakang
Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, diperlukan pengetahuan tentang teknologi tersebut. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi akan dapat membantu kinerja dalam administrasi di sekolah, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran atau sumber belajar. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access dll. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum berbasis kompetensi, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.
Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya. (Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi)
SMP Xaverius 1 Palembang yang berdiri sejak tahun 1948 yang terletak di jalan Kapten Marzuki 513 , Ilir Timur I Palembang, telah berusia 61 tahun , dalam perkembangnya selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi sangat meendukung dalam proses pembelajaran maupun dalam kinerja administrasi perkantoran. Pada kesempatan ini, kami mengadakan pengamatan dengan cara melihat secara langsung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah itu. Berbagai pengamatan serta wawancara dengan guru, karyawan maupun siswa tentang pemanfaatan TIK .
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi. Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
Observasi di sekolah ini tentang pemanfaatan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Di SMP Xaverius 1 Palembang akan mengobservasi mengenai pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi, profil SMP Xaveirus 1 serta sarana dan prasarana penunjang pemanfaatan teknologi Informatika dan Komunikasi .

B. TUJUAN OBSERVASI
Adapun tujuan kami melakukan observasi di SMP Xaveirus 1 Palembang adalah sebagai berikut :
1. Mengetahui profil dari SMP Xaverius 1 Palembang
2. Mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi informatika baik bagi siswa, guru maupun pegawai kependidikan
3. Mengetahui sarana prasarana penunjang dalam pemanfaatan teknologi informatika di SMP Xaverius 1

BAB II
KONDISI OBYEKTIF

Pengamatan pemanfaatan TIK telah kami lakukan di SMP Xaverius 1 Palembang pada hari Selasa, 8 Desember 2009 . Dalam melakukan pengamatan yang terdiri dari 4 orang menjadi di bagi menjadi dua kelompok untuk melakukan observasi, mengingat sekolah ini cukup besar. Adapun teknik dalam observasi dalam menggali informasi dilakukan dengan cara : melihat secara langsung proses pemanfaatan TIK, mengamati beberapa ruang yang memanfaatkan TIK, dengan cara wawacara dengan siswa, guru , laboran komputer maupun tenaga TU, informasi tertulis tentang profil sekolah.
Adapun Profil SMP Xaverius 1 Palembang adalah sebagai beerikut:
1. Nama sekolah : SMP XAVERIUS 1 PALEMBANG
2. No.Statistik Sekolah : 202116001018
3. Jenjang Akreditasi : Peringkat A
4. Alamat Sekolah : Jl. Kapten Marzuki 513
4.1.) Kelurahan : DIII
4.2.) Kecamatan : Ilir Timur I
4.3.) Kota : Palembang
4.4.) Provinsi : Sumatera Selatan
5. No. Telepon / Faxcimile : No.Telp.0711355704/Fax.0711376939
6. Nama Kepala Sekolah : A. Samingin, BBA
7. Status Sekolah : Swasta
8. E-mail Sekolah : smpfrater xav.1@yahoo.com
9. Tanggal berdiri : 1 Agustus 1948
10. Kepemilikan Tanah
10.1.) Status Tanah : Milik sendiri
10.2.) Luas Tanah : 6607 m2
11. Status Bangunan : Milik sendiri
12. Luas Bangunan : 2.583 m2
13. Jumlah siswa th.2009/2010: 1.182 peserta didik
14. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Jenis Pegawai Pendidikan Jmlh
SLTA D-I D-II D-III S-1 S-2
Guru Tetap Yay 2 2 1 1 28 - 34
Guru DPK - - - - 1 - 1
Guru Honor 2 - - - 18 - 20
Tata Usaha 4 2 - 1 - - 7
Laboran 2 - - - - - 2
Perpustakaan 1 - - - - - 1
Tenaga Kebersihan 5 - - - - - 5
Sat-Pam 4 - - - - - 4
Jumlah 20 4 1 2 47 - 74
Prosetase 27% 5% 1% 3% 64% 0%
5% 1% 3% 64% 0%

15. Sarana Prasarana
No Nama Jumlah
1 Ruang belajar 31
2 Ruang Kepala Sekolah 1
3 Wakil Kepala Sekolah 1
4 Ruang Guru 1
5 Perpustakaan 1
6 Ruang BK 1
7 Ruang Kesenian 1
8 Ruang OSIS 1
9 Sanggar Pramuka 1
10 Hall Aula 1
11 Lapaangan Bulu Tangkis 1
12 Lapangan Bola Voli 3
13 Lapangan Tenis Meja 2
14 Lapangan Basket 1
15 Ruang Ganti 1












Penerapan ICT di sekolah memerlukan adanya visi pemanfaatan ICT, formulasi tujuan strategis, perencanaan dan pengorganisasian pemanfaatan ICT di sekolah(Schreurs, 2007). Pelatihan ICT bagi guru-guru telah menjadi kebutuhan masa kini dan masa mendatang agar guru-guru dapat memanfaatkan ICT dalam pembelajaran maupun meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan kelas. SMP Xaverius sebagai salah satu sekolah unggulan di kota Palembang telah berupaya memanfaat TIK dalam menunjang kinerja dalam menyelesaikan adminitrasi dari hasil survey yang kami lakukan dari 53 guru yang di SMP Xav.1 ada sebanyak 45 guru telah memiliki laptop/notebook dan dapat mempergunakannya, jadi sekitar 84,9% telah memiliki Laptop. Hal ini menunjukkan tinggi tingkat pemanfaatan ICT di sekolah ini.
1. Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran
Dalam upaya meningkatkan hasil belajar, maka perlunya metode dan strategi dalam pembelajaran salah satu strategi serta metode adalah dengan memanfaatkan media presentasi dalam menyajikan materi.
Guru matematika dalam membahas materi bangun ruang kubus dan balok mempergunakan media presentasi dalam upaya membantu siswa memahami konsep unsure-unsur bangun ruang, Dalam pengamatan kami yang temukan, siswa dengan antosias memperhatian gamba kubus dengan unsur-unsurnya yang divariasikan dengan animasi pada presentasi power point yang di tampilkan. Suasana kelas begitu konduksif dengan berbagai respon dengan diskusi sesame teman.

2. Pemanfaatan ICT untuk mengerjakan tugas
Salah unsur penilaian hasil belajar siswa selain ulangan harian juga ada tugas-tugas baik mandiri maupun individu. Misalkan tugas membuat makalah dalam kelompok, maka kelompok tersebut akan bekerja dengan memanfaatkan komputer atau laptop. Siswa SMP Xaverius 1 dengan mata pelajaran TIK yang diperolah 2 jam pelajaran dalam satu minggu sangat membantu siswa jika mendapat tugas dari mata pelajaran lain. Didukung dengan fasilitas yang telah dimilik siswa dengan sendirinya menyiapkan laptop untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dari guru. Dalam mengoperasikan laptop sudah mahir dengan software microsof word , Excel, maupun Power point.

3. Pemanfaatan ICT untuk metode Tanya jawab dengan presentasi
Tugas kelompok yang diberikan guru dalam bentuk materi ajar selain dalam bentuk makalah juga dalam bentuk power point untuk diseminarkan dalam kelas. Kelompok bersangkutan akan mempresentasikan hasil kerjanya untuk diskusikan dengan kelompok lain. Ketrampilan dan kemampuan mempresentasikan sangat baik dan menarik, dalam presentasi teman-teman dari kelompok lain menyimak setiap silde yang ditampilan. Pada session tanya jawab mereka saling berebut untuk bertanya dari materi yang telah disampaikan. Metode ini ternyata meghidupkan suasana kelas yang menyenangkan, yang inovatif, juga kreatifitas dari peserta didik dalam presentasi. Dan perlu disadari bahwa metode ini juga merupakan wahana bagi siswa untuk menanamkan sikap toleransi dan kerja sama dalam kelompok, menanamkan sikap untuk berani tampil dan berbicara, serta memberikan penjelasan. Disamping itu sikap kritis dari penanya akan merangsang siswa untuk berani mengemukan pendapat dan argumentasi.

4. Pemanfaatan ICT untuk mencari sumber materi
SMP Xaverius 1 dalam upaya mengikuti perkembangan teknologi informasi di dunia global, telah menyediakan sarana hotspot yang dapat di akses dilingkuangan sekolah atau diruangan. Perpustakaan sebagai sumber ilmu dengan berbagai koleksi buku merupakan salah satu sumber untuk mencari berbagai pengetahuan. Sekolah ini selain koleksi buku-buku diperpustakaan disedia 5 unit personal computer yang sudah ada jaringan internetnya. Dari hasil penjelasan petugas perpustakaan ini, bahwa siswa diberikan kesempatan mengguna internet untuk memenuhi tugas-tugas dari guru dengan pengawasan dari petugas perpustakaan. Dari sekitar 1.182 siswa berusaha melayani setiap hari dari pukul 07.00 sampai dengan 16.00. Memang ada beberapa siswa yang menggunakan untuk Face bookan dengan sesama teman.

5. Pemanfaatan ICT oleh Guru
Dengan tersedianya fasilitas laptop setiap guru akan sangat membantu dalam kinerja guru. Perangkat Laptop yang dimiliki guru digunakan untuk membuatan perangkat pembelajaran ( Silabus, RPP, dll), pengolahan nilai, mempersiapkan bahan ajar ( materi, presentasi dll), analisis ulangan harian dll. Dengan tersedianya jaringan internet dengan sistem wireless, membantu guru untuk mencari berbagai referensi materi di internet. Kemampuan dalam teknologi informasi memang beraneka ragam, dan dalam upaya untuk meningkatan kemampuannya telah diakan pelatihan dengan tentor dari guru TIK di sekolah ini.

6. Pemanfaatan Teknologi Informatika di bidang adminitrasi sekolah
Tata usaha merupakan pusat adminitrasi dalam suatu unit sekolah. Dalam uapaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam kerja perlu sistem dan menagemen yang professional. Dengan adanya personal computer sangat mambantu dalam mmengerjakan berbagai pekerjaan perkantoran. Disamping itu di sekolah ini memiliki PAS ( Paket Aplikasi Sekolah) merupakan software adminitrasi secara terpadu dari proses PSB, Indentitas siswa, Pembagian kelas, penilaian sampai dengan data alumni. PAS ini merupakan bantuan dari pemerintah sebagai salah satu sekolah rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI).

7. Pemanfaatan mata pelajaran Teknologi Informatika dan Komunikasi
Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya. Pelajaran TIK membekali siswa dalam upaya memanfaatkan teknologi informatika dan komunikasi bagi mata pelajaran yang lain. Dalam diskusi dengan salah satu intruktur computer Bp. St. Gunarso, S.Kom, bahwa ruang ini dilengkapi dengan 48 unit PC, akses internet, LCD proyektor, ruang ber-AC, Printer, dan Scanner. Materi yang diajarkan mulai dari Pengetahuan Hardware, Windows, MS Word, MS Excel, Internet, Visual Basic, MS Power Point,
Dalam pembelajaran dengan setiap rombongan belajar 38 siswa diasuh oleh 2 guru. Sistem Evaluasi selain tugas, pengolaan data yang disave juga dengan menggunakan ulangan harian sistem online. Dimana Setiap siswa dapat mengakses dan mengerjakan pada screen monitor dengan waktu yang telah ditentukan dan langsung munsul skor atau nilainya. Mata pelajaran TIK diasuh tiga guru yang berkulaifikasi S-1 Komputer.

BAB IV
SARANA DAN PRASARANA PENUNJANG
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Sekolah sebagai pusat pembelajaran dalam upaya memberikan pelayanan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyenangkan, inovatif serta kreatif maka perlunya fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas dalam bidang teknlogi informatika yang telah dimiliki sekolah ini adalah sebagai berikut :
1. Ruang/Lab computer 1 ruang
a) Personal Computer 48 unit
b) Printer 8 buah
c) Scanner 1 buah
d) Camera Digital 2 buah
e) Handy Cam 1 buah
f) LCD Proyektor 1 buah
g) Sound sistem 1 set
h) Jaringan Internet akses 48 unit PC
i) Jaringan LAN 48 Unit PC

2. Ruang Perpustakaan
a) Personal Computer 6 unit
b) Jaringan Internet 6 unit PC
c) Televisi 1 unit
d) VCD 1 buah

3. Laboratorium bahasa
a) Head phone 48 unit
b) LCD Proyektor 1 buah
c) Personal Computer 1 buah
d) Jaringan Internet akses 1 PC
e) Sound Sistem 1 set

4. Laboratorium Biologi
a) Personal Computer 1 unit
b) LCP Proyektor 1 buah
c) Sound Sistem 1 set
d) Jaringan Internet akses wireless

5. Laboratorium Fisika
1) Personal Computer 1 unit
2) LCP Proyektor 1 buah
3) Sound Sistem 1 set
4) Jaringan Internet akses wireless


6. Ruang Kelas
a. Kelas Akselerasi 2 kelas
1) Personal Computer 2 Unit
2) LCD Proyektor masing-masing 1 buah
3) Sound sistem masing-masing 1 set
4) Jaringan internet wireless

b. Kelas RSBI KLs 7 1 kelas
1) Personal Computer 1 unit
2) LCD Proyektor 1 buah
3) Sound Sistem 1 set
4) Jaringan Internet akses 1 PC

c. Kelas Unggulan Kls 8 dan 9
1) Personal Computer 1 unit
2) LCD Proyektor 1 buah
3) Jaringan Internet akses 1 PC


7. Ruang Guru 1 ruang 10 m x 20m
1) Jaringan Internet Wireless
2) Printer 5 buah

8. Ruang TU
1) Personal Computer 3 unit
2) Printer 2 buah
3) Jaringan Internet akses 3 PC
4) Paket Apliksi Sekolah

9. Ruang Wakil Kepala Sekolah
1) Personal Computer 2 unit
2) Printer 2 unit
3) Jaringan Internet Wireless

10. Ruang Bendahara
1) Personal Computer 1 unit
2) Jaringan internet wireless
3) Printer 1 buah

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
1. Dengan masuknya Teknologi Informatika dan Komunikasi sebagai salah satu pilihan dalam mata pelajaran, maka peranan komputer yang sangat penting sebagai media pembelajaran atau sebagai sarana sebagai sumber belajar.
2. Di SMP Xaverius 1 Palembang, keberadaan computer beserta perangkat lainnya telah dimanfaatkan guna membantu adminitrasi, tugas-tugas, pengolahan maupun media pembeelajaran oleh guru maupun oleh peserta didik.
3. Dengan adanya sarana internet (Hotspot) di SMP Xaverius 1 Palembang, akan mempermudah dalam mencari informasi dalam pendidikan dan dalam melakukan komukasi secara intern maupun eksternal

B. Saran
Mengingat kemampuan dari peserta didik yang heterogen maka untuk lebih memperdalam pemanfaatan teknologi dan informatika perlunya ditambah waktu khusus sebagai pelajaran tambahan TIK pada siang hari.

Lampiran-lampiran :
INSTRUMEN OBSERVASI


Nama Sekolah : ………………………………………………………………
Alamat : ……………………………………………………………….
Akreditasi :………………………………………………………………..
Status Sekolah: ………………………………………………………………..

1. Apakah sekolah mempunyai jaringan internet
a. Ada jika ada jaringan dari …………………………….
b. Tidak ada
2. Apakah sekolah telah memiliki Website
a. Ada jika ada, apa nama website ………………………
b. Tidak ada
3. Jumlah Guru yang dapat mengoperasikan komputer ……………………..
4. Jumlah Guru yang memiliki komputer /Laptop……………………..
5. Jumlah Tenaga Kependidikan yang dapat mengoperasikan komputer …….
6. Jumlah Tenaga Kependidikan yang memiliki komputer /Laptop ……………
7. Kualifikasi Guru Teknologi Informatika dan Komunikasi
a. S-1 Jurusan TIK ada …….. orang
b. S-1 bukan Jurusan TIK ada …….. orang
c. Diploma Jurusan TIK ada …….. orang
d. Diploma bukan Jurusan TIK ada …….. orang
Jumlah ….…. orang


8. Sarana Prasarana
11. Ruang/Lab computer ada……… ruang
j) Personal Computer jumlah …… unit
k) Printer jumlah……. buah
l) Scanner jumlah …… buah
m) Jaringan Internet ada / tidak ada
n) Jaringan LAN ada / tidak ada
o) Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..

12. Ruang Perpustakaan
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..
13. Laboratorium bahasa
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..
14. Laboratorium Biologi
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..

15. Laboratorium Fisika
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..

16. Ruang Kelas
d. Kelas Akselerasi 2 kelas
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..
e. Kelas RSBI KLs 7 1 kelas
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..

f. Kelas Unggulan Kls 8 dan 9
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..

17. Ruang Guru
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..
18. Ruang TU
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..

19. Ruang Kepala Sekolah
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..

20. Ruang Wakil Kepala Sekolah
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..
21. Ruang Bendahara
a). Personal Computer jumlah …… unit
b). Printer jumlah……. buah
c). Scanner jumlah …… buah
d). jaringan Internet ada / tidak ada
e). Jaringan LAN ada / tidak ada
f). Lainnya
i. ……………………………
ii. …………………………..
iii. ……………………………..





DEPARTEMAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
PROGRAM PASCASARJANA
Jl. Padang Selasa No. 524, Bukit Besar Palembang 30139
Telp. (0711) 352132-354222, Fax. (0711) 317202, 320310
Email: ppsunsri@mail.ppsunsri.ac.id Homepage: www.pps.unsri.ac.id


No. :
Lamp :
Hal : Ijin Observasi Pemanfaatan ICT


Kepada :
Yth. Bapak Kepala SMP Xaverius 1 Palembang
Di Tempat.


Dengan hormat,

Dalam rangka memenuhi tugas pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada program stdui Teknologi Pendidikan UNSRI, setiap mahasiswa wajib melakukan observasi pemanfaatan ICT di sekolah-sekolah yang ada di kota Palembang dan sekitarnya. SMP Xaverius 1 merupakan salah satu obyek untuk observasi tersebut. Adapun komponen yang akan diobservasi adalah terlampir. Dengan ini kami :
1. Ahmad Bastari NIM : 20092513047
2. Magdalena NIM : 20092513003
3. Parden Sipayung NIM : 20092513068
4. FX. Hermanto NIM : 20092513039
Adalah mahasiswa S-2 program studi Teknologi Pendidikan UNSRI, memohon ijin untuk melakukan observasi pemanfaatan ICT di SMP Xavrius 1 Palembang. Kami berharap dari hasil observasi ini akan membantu kami dalam mempelajari pemanfaatan ICT sebagai salah satu Teknologi Pendidikan.

Demikianlah permohonan ini kami sampaikan kepada Bapak Kepala SMP Xaverius 1, kiranya dapat mengabulkan permohonan ini.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.


Hormat kami

Mengetahui, a.n.Mahasiswa Observasi
Ketua Program Studi Tek Pendidikan




Prof. Dr. H. Fuad Abd. Rachman, M.Pd. ………………………







Materi Observasi ( Pengamatan )

1. Profil Sekolah
2. Pemanfaatan ICT
2.1. Lab Komputer
2.2. Lab Bahasa
2.3. Lab Biologi
2.4. Lab Fisika
2.5. Kelas AKsel
2.6. Kelas RSBI
2.7. Perpustakaan
2.8. Tata Usaha
2.9. Jaringan Internet
3. Pemanfaatan/User
3.1. Siswa
3.2. Guru
3.2.1. Guru Matematika
3.2.2. Guru Fisika
3.2.3. Guru Biologi
3.2.4. Guru Komputer
3.2.5. Guru Bahasa Inggris
3.3. Tenaga Kependidikan
3.3.1. Tata Usaha
3.3.2. Tenaga Perpustakaan
3.3.3. Laboran

2 komentar: